Cara Sukses Beternak Kambing Etawa, Di Kota Belitang, OKU Timur


Cara Sukses Beternak Kambing Etawa, Di Kota Belitang, OKU Timur

Kambing Etawa adalah salah satu kambing paling terkenal di Indonesia, bahkan sampai ke Asia Tenggara. Kambing Etawa awalnya berasal dari India, tepatnya di daerah Etawah. Di tempat asalnya, kambing ini disebut kambing Jamnapari.

Kambing Etawa adalah salah satu jenis kambing yang sudah mulai dibudidayakan secara massal karena dilihat dari manfaatnya yang cukup menjanjikan bagi Anda yang suka terjun ke dunia bisnis kambing.

Para peternak di berbagai kota, mulai dari kota kecil hingga kota besar yang menjadikan kambing etawa sebagai salah satu jenis kambing yang mereka pelihara dengan serius dan serius.

Kambing etawa memang salah satu kambing yang dapat diternakkan untuk berbagai kebutuhan. Kambing ini biasanya digunakan sebagai daging kambing dan susu penghasil kambing, tetapi juga akan dimasukkan dalam berbagai kontes kambing.

Anda juga dapat menggunakannya untuk dijual sebagai induk atau sapi jantan kepada peternak lain yang ingin mulai memelihara kambing etawa. Dan tentu saja, kambing ini memiliki beberapa jenis yang tidak kalah unggul dengan ras mereka. seperti kambing super etawa, etawa senduro dan etawa kaligesing.

Kambing Etawa memiliki bentuk tubuh besar dan telinga menggantung dan bentuk wajah terlihat cembung. Rata-rata kambing memiliki tanduk pendek dan bulu di punggungnya cukup panjang.

Pengukuran berat kambing etawa bervariasi, tetapi kambing etawa jantan dapat mencapai bobot sekitar 90 kg sedangkan kambing etawa betina memiliki berat sekitar 60 kg. Jumlah produksi susu kambing etawa selama masa menyusui cukup banyak, yaitu sekitar 4 liter per hari.

Bagi Anda yang memiliki kambing etawa, dan sebagai peternak pemula, sangatlah penting untuk mengetahui cara memelihara kambing etawa agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut adalah beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan dalam memelihara kambing etawa yang dapat Anda terapkan dalam proses pemuliaan.


Memilih Jenis Kambing Etawa Untuk Diternakkan
Kambing Etawa memiliki beberapa jenis yang disebabkan oleh perkawinan silang, atau klasifikasi berdasarkan kelas atau karakteristik fisik yang sama. Beberapa jenis kambing etawa termasuk Super Etawa, Etawa Kaligesing, Etawa Senduro.

Kaligesing Etawa Goat adalah kambing Etawa dari Jawa Tengah, yang merupakan daerah Kaligesing - Purworejo. Kambing etawa Kaligesing ini adalah hasil persilangan antara kambing lokal dan kambing asli India.

Kambing ini memiliki karakteristik berbulu tebal dengan kombinasi bintik-bintik putih, hitam, coklat dan garis-garis. Kambing ini adalah jenis etawa kualitas super, karena dapat menghasilkan susu dalam jumlah besar dan dapat dimasukkan dalam hewan kontes.

Kambing Senduro Etawa adalah hasil dari budidaya ternak yang berasal dari daerah Senduro, Lumajang, Jawa Timur. Kambing Senduro memiliki karakteristik warna bulu putih yang menyeluruh di semua bagian tubuh, kepala, dan kaki.

Dalam jenis kambing senduro, kambing etawa adalah favorit bagi pecinta dan peserta kontes kambing. Karena kambing senduro memiliki tubuh besar, mereka mudah dipelihara dan harga jualnya sangat tinggi. Untuk peternak pemula, Anda dapat memilih salah satu dari tiga jenis kambing etawa di atas untuk dibudidayakan.

Memilih Breed Kambing Etawa Atau Breed
Untuk memiliki breed kambing etawa yang berkualitas, tentu saja, peternak atau breeder kambing Etawa yang Anda miliki juga harus berkualitas tinggi. Anda harus membeli induk dari peternak kambing yang terpercaya.

Ciri-ciri kambing etawa yang baik untuk jantan termasuk memiliki punggung yang lurus, tubuh yang besar dan berotot, kaki yang kokoh, dan berusia lebih dari 1,5 tahun dan tidak memiliki cacat.

Sementara itu, untuk kambing etawa betina yang baik sebagai peternak, mereka memiliki kaki lurus, jinak, dan memiliki dua puting, yang ketika disentuh terasa kenyal, proporsional, tumit cenderung tinggi dan harus sehat dan tanpa cacat.

Untuk lebih memastikan kualitas kambing etawa, Anda dapat melihat langsung di kandang asal keturunan apakah sebagian besar cempe dilahirkan dengan pola fisik yang sama. Semakin banyak kambing yang memiliki telinga yang menempel, lemas dan panjang, kambing tersebut menjadi lebih baik.

Selain itu, semakin banyak cempe yang memiliki tulang kuat dan besar, pastinya kambing tersebut memiliki kualitas yang baik pula.

Setelah memilih etawa kambing untuk berkembang biak, Anda harus menerapkan langkah-langkah ini sehingga Anda memiliki benih kambing etawa berkualitas.


Menyiapkan Tempat Untuk Kandang
Kandang adalah tempat paling penting bagi kambing. Anda harus membuat kandang yang terletak di area yang luas dan memiliki sirkulasi udara dan sinar matahari yang cukup.

Selain itu, jika Anda berada di dekat area perumahan, Anda sebaiknya tidak membuat kandang di dekat komunitas karena dapat mengganggu aktivitas penduduk setempat.


Membuat Kandang Kambing Yang Baik Kandang Kambing
memiliki fungsi sebagai tempat berkembang biaknya kambing etawa, atau bisa dikatakan rumah mereka. Anda harus membuat kandang yang mampu melindunginya dari ancaman predator seperti anjing.

Dan juga bayangan dari perubahan cuaca seperti panas dan hujan. Jika Anda berhasil membuat kandang yang baik, keberhasilan peternakan Anda juga akan lebih mudah dicapai.

Anda dapat membuat kandang kambing etawa dari bahan yang kuat dan murah, dengan menyajikan wadah makanan yang mudah diakses, memiliki sanitasi yang baik, dan sirkulasi kotoran yang jelas, serta terjangkau oleh sinar matahari untuk mengurangi kelembaban kandang.

Anda dapat membangunnya seperti rumah panggung, dengan papan kayu dengan ketinggian sekitar setengah meter untuk seekor kambing. Ukuran ideal untuk kambing adalah 1,5 meter persegi.

Tapi itu membantu Anda melihatnya untuk menciptakan aliran udara yang baik di kandang. Rata-rata kambing etawa membutuhkan area kandang sekitar 120 cm x 150 cm / ekor.


Menyediakan Pakan Rumput Rumput
adalah salah satu jenis pakan yang baik untuk kambing etawa. Pastikan Anda memberi etawa kambing Anda makanan rumput segar yang teratur. Rumput gajah atau rumput hijau dan segar yang biasa ditanam di tengah ladang desa bisa menjadi alternatif yang bisa menjadi pilihan bagi kambing etawa yang Anda miliki.


Memberi Makan Dedaunan
Jika tidak ada rumput, daunnya merupakan salah satu jenis pakan yang baik untuk kambing etawa. Pastikan Anda memberi makan kambing etawa Anda dengan daun hijau segar berkualitas tinggi jika Anda tidak memiliki rumput. Anda juga bisa memberinya kombinasi pakan antara rumput dan daun sekaligus.


Memberi Makan Kacang
Kacang juga bisa menjadi pakan alternatif yang Anda berikan untuk kambing etawa Anda. Pakan ini membantu meningkatkan daya tahan dan stamina kambing. Kacang termasuk makanan yang mengandung banyak nutrisi untuk kambing favorit Anda.


Memberi Makan Tepung Ikan
Selain kacang dan rumput atau daun, Anda juga bisa memberi makan kambing etawa dengan tepung ikan sebagai alternatif. Anda bisa membuat makanan ikan ini sendiri atau dengan membelinya dari toko pakan kambing atau toko makanan hewan peliharaan terdekat.


Pemberian Vitamin
Vitamin adalah salah satu makanan tambahan kimia yang dapat membantu perkembangan kambing etawa Anda. Pemberian vitamin dapat Anda lakukan bersamaan dengan memberi makan kambing etawa, tetapi vitamin harus diberikan secara terpisah dan dalam jumlah yang tepat, dalam arti tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Sehingga tidak berdampak buruk pada kambing kesayangan Anda.


Memberi Makan Ekstra
Jika Anda ingin atau agar kambing etawa Anda berkembang dengan cepat, Anda bisa memberi makan ekstra dengan menggabungkan bekatul dan berkonsentrasi dalam rasio 3: 1. Anda juga dapat menyediakan bekatul, bungkil kelapa, dan tepung kacang, dengan komposisi 2: 1: 1. Anda dapat melakukan pemberian tambahan ini di pagi, sore dan malam hari. Juga menyediakan air minum untuk kambing etawa dalam jumlah besar (sekitar 2 liter per hari untuk satu kepala), rumput gajah dan garam beryodium.


Menjaga Kebersihan Kandang
Kandang adalah habitat utama kambing etawa. Untuk alasan ini, Anda harus memastikan bahwa kandang Anda kondusif untuk aktivitas kambing etawa Anda. Faktor penting yang perlu Anda perhatikan adalah kebersihan, sanitasi, dan kenyamanan kandang. Pastikan kandang sanitasi Anda halus, bersih dan terawat dengan baik, dan nyaman untuk kambing etawa Anda.



Cara Sukses Beternak Kambing Etawa, Di Kota Belitang, OKU Timur

No comments: